destinasi yang berkesan di hati di https://jelajahtapak.wordpress.com/2013/01/10/destinasi-yang-berkesan-di-hati/

Destinasi Yang Berkesan Di Hati

Dari judulnya saja merangsang untuk dibaca. Itulah judul artikel yang saya dapatkan di surat kabar Kompas edisi Rabu tangggal 24 April 2007 yang mengupas tempat-tempat wisata menarik di Indonesia. Artikel disajikan sederhana bahkan nyaris biasa-biasa saja, namun informatif, tapi inilah yang terpenting.

Yang membedakannya adalah penuturan dan pemilihan kata, menggoda untuk mengikutinya dan akan saya jadikan rujukan dalam melatih keterampilan menulis artikel-artikel perjalanan saya.

Coba saja baca paragrap pembukanya, ini dia; “Berkunjung dan bertualang ke tempat-tempat baru yang mungkin belum akrab di telinga banyak orang tentu menjadi sesuatu yang membanggakan”. Keunikan cerita dan serunya pengalaman pasti menjadi hal yang sangat menarik dan berkesan bukan hanya bagi diri sendiri tapi juga bagi mereka yang mendengarkan.

Aneka Brosur Explore Indonesia tersedia di destinasi yang berkesan di hati pada https://jelajahtapak.wordpress.com/2013/01/10/destinasi-yang-berkesan-di-hati/#more-683
Aneka Brosur Explore Indonesia

Lead pertama ini cukup menggoda pembaca untuk terus mengikuti penjelasan berikutnya. Ini dia; “Kekayaan alam,budaya, dan sejarah yang dimiliki membuat wilayah yang ada di Tanah Air menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Ikon-ikon wisata di Tanah Air seperti Bali, Jogja, dan Bunaken memang menjadi salah satu bukti kekayaan tersebut. Di luar itu, ada beberapa daerah lain yang aset wisatanya tak kalah menarik, di Provinsi jambi misalnya….,”

Nah, sang penulis sudah mulai masuk pada tema pokoknya yaitu ingin menyampaikan hal-hal menarik tentang Jambi, yang akan dijadikan bahasan utamanya. Ia mulai mengerucutkan tema dan mulai fokus pada tujuannya, inilah petikannya ; “Perjalanan sejarah provinsi yang juga dikenal dengan dengan Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini dibilang cukup panjang. Disebutkan dalam informasi Parawisata Nusantara bahwa pada awalnya……bla..bla“.

Selanjutnya bisa ditebak, apa yang dipaparkan berikutnya. Kita diajak menelusuri sudut-sudut jambi dari berbagai sisi dengan bahan informasi yang didapatkan dari brosur-brosur umun Dinas Parawisata maupun dari informasi pendukung yang bisa dicari dan didapatkan dari berbagai media.

Desain Corak Ragam Brosur yang mencolok di destinasi yang berkesan di hati pada https://jelajahtapak.wordpress.com/2013/01/10/destinasi-yang-berkesan-di-hati/#more-683
Desain Corak Ragam Brosur

Bahan diolah sedemikian rupa lalu disampaikan lewat tulisan sederhana, sehingga pembaca seolah-olah mengikuti perjalanan penulisnya. Luar biasa. Inilah pembelajaran menulis yang saya dapatkan pada pagi hari ini ketika membaca kompas yang mengulas rubrik wisata.

Betul apa yang dikatakan para penulis hebat, bahwa untuk bisa menulis, kawan sejatinya bersahabat dengan membaca., hal ini menggugah saya untuk mencoba menuangkan pengalaman jalan-jalan lewat kata-kata yang terekam dalam catatan perjalanan di blog pribadi yang baru se uprit ini. Yu kita belajar nulis dan baca saja, semoga berguna.

Wassalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *