Jelajahtapak ABOUT ME : By Kuskeos

ABOUT ME

Hei.. Selamat Datang..!

Mendaki gunung, menyusur pantai, menjelajah hutan atau berarung jeram di sungai-sungai panjang amatlah menyenangkan.
Mengunjungi tempat-tempat yang memiliki aura kesegaran seringkali menginspirasi pikiran, merekamnya dalam gambar atau menulisnya dalam catatan perjalanan.

Gemar jalan–jalan atau bepergian jauh ke tempat-tempat yang tidak biasa adalah sebuah pengalaman yang mengayakan, keingintahuan itu tidak terbatas, seringkali menjadi tantangan tersendiri untuk menemukan kemegahan dan keagungan tersembunyi yang terbentang di luasnya alam.

About Me Jelajah Tapak

Nama saya Engkoes Koeswara, paling tidak itu yang tertulis di akta kelahiran. Orang pada malas memanggil dengan nama panjang apalagi dengan ejaan lama “oe,” serapan dari kata “u”. Kos adalah panggilan keseharian, akrab di telinga, simpel, pendek dan singkat. Saya menyukainya.

Lahir dan besar di tanah Parahyangan. Sejak kecil sering meninggalkan rumah, kerap bolos sekolah hanya untuk memenuhi kepuasannya bermain ke pelosok-pelosok kampung disekitar tempat kelahirannya Bandung, Jawa Barat.

Menyelesaikan pendidikan formalnya di Fakultas Pertanian Universitas Bandung Raya, namun fakultas yang sangat berpengaruh bagi perkembangan dirinya adalah ketika mulai bergabung di komunitas penggiat alam bebas tertua di Indonesia.

Rumah menjadi tempat persinggahan sementara, ruang-ruang kelas formal menjadi tempat berbagi ilmu dengan kawan seusia”, Namun ruang besar yang berpengaruh adalah “Alam Terbuka”.

Alam terbuka jadi “Rumah Kebebasan”, sarat dengan ruang ketidakterdugaan“, setiap nafasnya mengandung pelajaran yang amat berharga. Itulah yang diyakininya.
Sejak tahun 1996 mulai hijrah, tinggal dan bekerja di Jakarta .

Berkenalan Dengan Website.

Screenshoot : http://wwwjentera.blogspot.com

Mulai berminat dengan website sejak tahun 2008, tahun dimulainya ketertarikan saya belajar menulis, tapi menulis adalah pekerjaan yang sangat berat. Tidak setiap orang mampu mempertahankan dan menjaga konsistensi menulis, itu juga yang menyebabkan blog pertama saya Jentera terlantar, nyaris hampir mati, tidak terurus, lama tak bertuan,

Jentera mulai saya hidupkan lagi, menggeliat perlahan meski tersendat, tapi tak apalah yang penting semangat belajar dan memperbaiki diri tidak boleh berhenti.

Saya tuangkan beberapa kegagalan yang menyebabkan blog pertama ditinggalkan, beberapa artikel yang mengesalkan misalnya :

Apapun yang saya rasakan dan alami diseputar tulis menulis , saya simpan di blog Jentera yang penampilannya sudah saya perbaiki. Malas, bosan, jenuh adalah penyakit berbahaya yang sering menyerang penulis-penulis muda seperti saya ini

Mulai Berani Menjelajah Ke Ruang-Ruang Berbeda

Tapi tidak bisa dipungkiri, keinginan seseorang untuk terus berinovasi dipicu oleh beberapa hal, salah satunya adalah sering menjelajah dan bersentuhan dengan karya-karya website atau blog-blog keren tingkat dunia yang mengupas sisi perjalanan dan petualangan para pengelolanya

perahu tua itu oleng juga di https://jelajahtapak.wordpress.com/2012/03/13/perahu-tua-itu-oleng-juga/

Trip-trip perjalanan yang menarik, photo-photo spektakuler dan kisah-kisah petualangan menghiasi halaman-demi halaman pemilik website dan blog di jagad internet. Informsi tujuan wisata dan tempat-tempat menarik di belahan dunia disajikan dengan meriah, cantik dan menawan.

Itu pula yang memotivasi saya untuk membuat website/ blog personal berikutnya dengan topik yang lebih spesisfik yaitu perjalanan dan petualangan, maka lahirlah JELAJAHTAPAK , blog yang sedang kita baca ini.

Screenshoot Landrover Tua

Saya tergabung dengan komunitas penggiat alam terbesar di kota Bandung, WANADRI namanya. Tidak sedikit ragam perjalanan saya lakukan , apakah itu perjalanan menjelajah hutan, mendaki gunung, arung jeram atau pergi ke tempat-tempat jauh di pelosok-pelosok negeri.

Sayang sekali bila pengalaman-pengalaman panjang itu tidak saya rekam dalam catatan di blog ini, namun perjalanan terjauh yang pernah saya alami adalah ketika mengunjungi Aljazair, negara gurun di belahan Afrika Utara. Catatan perjalanannya saya rekam dalam dua tulisan dibawah ini :

Mencoba Merekam Gambar Lewat Kamera

Hobi melakukan perjalanan dan petualangan di tempat-tempat luas terbuka tidak hanya menyehatkan fisik dan menyegarkan jiwa, tetapi juga menantang keterampilan lain yang mesti dicoba, salah satunya adalah Photography.

Screenshoot : Jelajahtapak

Lewat photo-photo itu, semua peristiwa perjalanan dan petualangan menjadi lebih bermakna. Saya mencobanya dengan kamera pocket sederhana, dimulai pada tahun 2010 saat melihat hasil karya photo-photo dunia yang mempesona.

Jadi termotivasi untuk membuat photo-photo seperti mereka.

Termotivasi juga untuk menulis tips-tips mengambil gambar -gambar dan photo di alam terbuka. Kumpulan artikelnya saya simpan di halaman PHOTOGRAPHY

Beberapa hasil photo dan gambar di Blog JELAJAHTAPAK, saya simpan di halaman GALLERY . Namun gambar dan photo yang lebih banyak saya simpan Disini.

Tapi yang terpenting dari semua perkenalan ini adalah :

Bersyukur atas segala keadaan dimana saya masih bisa melihat, menikmati, merasakan segala sesuatu yang saya jumpai manakala tengah menjelajah ke berbagai kota, mengembara ke berbagai gunung, sungai, tebing, serta tempat-tempat istimewa lainnya. Percayalah, semakin jauh menjelajah, semakin mencintai negeri sendiri.

Salam Jelajah..!

Rumah adalah tempat tinggal sementara. Alam terbuka adalah ruang belajar tak ada batasnya. Menjelajahlah hingga lewati batas benua