Ternyata Tetumbuhan Itu Memiliki Kerajaan Tersendiri

Ternyata Tetumbuhan Itu Memiliki Kerajaan Tersendiri

Pernahkah kita bertanya saat duduk di bangku SMP, adakah hubungan dan kekerabatan antara Raja-Raja Kerajaan Singosari dan Majapahit di Jawa dengan salah satu Kerajaan yang ada di Burma atau Srilangka ?,

Pernah jugakah kita bertanya apakah Raja dan Ratu Kerajaan Inggris yang sekarang masih bejaya memiliki keterkaitan kekerabatan dengan Kerajaan di Perancis dahulu kala ?, atau apakah para Kekaisaran Cina di Tiongkok sana juga memiliki kekerabatan yang dekat dengan kekaisaran Jepang atau Korea …

Para ahli sejarah pasti tahu jawabannya.

Apakah tetumbuhan juga seperti ‘kerajaan manusia’ ?, bisakah ditelusuri dan dicari kekerabatannya antara satu tumbuhan di daerah tertentu dengan daerah lainnya ?

Para ahli biologi dan taksonomi dunia selama berabad bekerja keras menemukan jawabannya, maka keluarlah apa yang disebut dengan istilah penggolongan atau Klasifikasi.

Harus diakui bahwa klasifikasi ilmiah ialah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, namun klasifikasi modern berakar pada system Carolus Linnaeus, seorang ahli botani berkebangsaan Swedia, ia mengelompokkan spesies menurut kesamaan sifat fisik yang dimiliki.

Namun pada perkembangannya pengelompokan ini mengalami beberapa revisi dan perbaikan dari segala sisi, juga dikembangkan dan disempurnakan secara komprehensif untuk menjaga konsistensi dengan asas sifat umum yang diturunkan dari Darwin.

Dua ilmuwan tingkat dunia besinergi bagi pengetahuan umat manusia.

Klasifikasi atau pengelompokan merupakan suatu cara memilih, memilah lalu mengelompokan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu. Nah urutan klasifikasi makhluk hidup itu disusun dari tingkat tertinggi ke tingkat yang paling rendah. Jadi kesimpulan sementaranya adalah..

Ternyata Tetumbuhan Itu Memiliki Kerajaan Tersendiri

Klasifikasi modern untuk menggolongkan mahluk hidup, khususnya di dunia tumbuh-tumbuhan mengikuti tingkatan sebagai berikut :

1. Domain (Daerah),
2. Kingdom (Kerajaan),
3. Divisio (Divisi),
4. Classis (Kelas),
5. Ordo (Bangsa),
6. Familia (Suku),
7. Genus (Marga),
8. Spesies (Jenis).

Set dah.., ada delapan tingkatan untuk bisa mengklasifikasikan suatu jenis tumbuhan di dunia ini sehingga kita bisa menyimpulkan bahwa suatu jenis tumbuhan yang ditemukan di daerah tertentu (domain) akan digolongkan dan dikategorikan pada spesies tertentu.

Ia jadi mempunyai nama, nama yang sangat berbeda dan khas yang tidak akan ditemukan pada nama nama ratusan ribu tanaman sejenisnya.

Keren bukan..?

Lalu Apa Tujuan Mengklasifikasikan Tetumbuhan Itu Dana Apa Gunanya Sih..?

Tujuan mengklasifikasi tetumbuhan sebenarnya adalah untuk mempermudah mengenali, kemudian membandingkan satu dengan lainnya, mempelajari sampai ke akar-akarnya dari segala lini.

Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan baik itu dari sifat-sifat, atau ciri dari pada tetumbuhan itu sendiri, bukankah tetumbuhan itu sangat beraneka ragam ?, lalu apakah ada kekerabatan antara satu dengan lainnya ? ..nah ini dia..

Makin menarik bukan..?.

Sudah disampaikan diatas bahwa klasifikasi tetumbuhan didasarkan pada persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki makhluk hidup itu sendiri, misalnya bentuk tubuh atau fungsi alat tubuhnya, oleh karena itu mahhluk hidup yang memliliki ciri yang sama akan dikelompokkan dalam satu golongan tertentu.

Ternyata Tetumbuhan Itu Memiliki Kerajaan Tersendiri

Dibawah ini saya akan mengambil contoh senderhana saja dari klasifikasi tetumbuhan :

1. Berdasarkan ukuran tubuhnya, contoh: Tumbuhan dikelompokkan menjadi pohon, perdu, dan semak.

2. Berdasarkan lingkungan tempat hidupnya, contoh: Tumbuhan dikelompokkan menjadi tumbuhan yang hidup di lingkungan kering (xerofit), tumbuhan yang hidup di lingkungan air (hidrofit), dan tumbuhan yang hidup di lingkungan lembap (higrofit).

3. Berdasarkan manfaatnya, contoh: Tumbuhan dikelompokkan menjadi tanaman obat-obatan, tanaman sandang, tanaman hias, tanaman pangan dan sebagainya

Tapiii…lagi…lagi tapi, pengelompokan tetumbuhan seperti diatas dianggap oleh para ahli kurang sesuai, karena dengan cara demikian dibuat berdasarkan keinginan orang yang mengelompokkannya sehingga kadang sulit untuk dipelajari oleh kebanyakan orang..nah lho..!

Terus gimana kita sebagai orang awam bisa memahami kerajaan tetumbuhan dengan pendekatan  terkini sehingga bisa terbukti bahwa ‘Ternyata Tetumbuhan Itu Punya Kerajaan Tersendiri ?’

Ikuti terus artikel berikutnya di blog Telapak yang umurnya baru beberapa hari ini.

Salam Bahagia..!!

Tinggalkan Balasan